Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Barito Selatan Minta Tiap Desa Bentuk Posko Siaga Banjir

  • Oleh Uriutu
  • 10 Maret 2020 - 17:10 WIB

BORNEONEWS, Buntok - Bupati Barito Selatan, Eddy Raya Samsuri meminta membentuk posko dan tim relawan siaga banjir dibentuk di setiap desa, khususnya DAS Barito. Hal itu juga sesuai dengan petunjuk dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan. 

“Agar sesegara mungkin membentuk relawan untuk semua bencana, khususnya di Barsel terkait banjir yang sudah mulai mengepung sebagian desa di pinggiran DAS Barito,” kata Eddy Raya Samsuri, Selasa, 10 Maret 2020.

Dia mengatakan, pendapatan untuk itu bisa dialokasikan melalui Dana Desa antara Rp 15 - 20 juta. Tim di desa ini nantinya sebagai kesatuan tugas untuk membantu TNI, Polri, dan BPBD dalam menanggulangi bencana.

Dia juga mengimbau kepada masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap banjir, mengingat beberapa pekan terakhir hujan kerap kali turun. Sehingga debit air Sungai Barito semakin meningkat.

Selain intensitas hujan cukup tinggi, lanjut dia, juga waspada banjir kiriman. Karena setiap tahunnya selalu mengalami banjir kiriman.

Eddy Raya Samsuri juga meminta kepada orang tua untuk meningkatkan kewaspadaan khusus untuk menjaga anak-anaknya dan harta benda agar jangan terbawa arus apabila terjadi musibah banjir. Apalagi masyarakat sudah terbiasa dengan keadaan seperti ini.

"Saya minta kepada instansi atau badan yang mempunyai tugas dan fungsi menanggulangi bencana untuk meningkatkan kesiapsiagaannya menghadapi bahaya banjir," ucap dia. (URIUTU DJAPER/B-11)

Berita Terbaru