Ini 4 Faktor Penyebab Kekurangan Guru di Gunung Mas

  • Oleh Hendra
  • 10 Maret 2020 - 22:41 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Komisi III DPRD Kabupaten Gunung Mas menyebutkan ada 4 faktor penyebab terjadinya kekurangan guru.

Ke 4 faktor ini diungkapkan Anggota DPRD Gunung Mas, Gumer saat rapat dengar pendapat atau RDP dengan Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga atau Disdikpora Kabupaten Gunung Mas.

Dia mengatakan faktor pertama disebabkan permintaan guru selalu tidak terpenuhi, sehingga menjadi masalah yang menyebabkan ketersediaan guru menjadi terbatas.

"Kedua disebabkan tenaga pendidik yang berubah jabatan dari fungsional ke struktural, sehingga berdampak pada kekurangan guru," katanya, Sabtu 10 Maret 2020.

Politisi PDIP ini juga tidak bisa menyalahkan satu dengan yang lainnya, tapi kekurangan diformasi strukural pemerintah daerah juga turut mempengaruhi, sehingga proses ini harus menjadi catatan bersama.

Faktor ketiga, karena terjadi perpindahan guru dari Gunung Mas ke kabupaten lain dengan berbagai macam alasan, contohnya mengikuti suami bekerja di tempat.

"Tentunya hal itu juga mempengaruhi kekurangan kita dan tidak mungkin kita menghalang-halanginya, sehingga dengan kekurangan yang ada dan ditambah faktor ini, maka kekurangan kita semakin banyak,” ungkapnya.

Mantan Ketua DPRD Gunung Mas ini mengatakan faktor terakhir yaitu terkait pensiun dan meninggalnya seorang guru. Kondisi ini tentu turut menambah kekurangan guru.

"Kami minta Disdikpora Gunung Mas agar ke 4 faktor ini menjadi catatan dalam mengevaluasi kebutuhan untuk mencari solisi. Semoga permasahan kekurangan guru bisa teratasi," tuturnya. (HENDRA/B-6)

Berita Terbaru