Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ratusan Nelayan di Pulang Pisau Ikuti Asuransi Nelayan

  • Oleh Muhammad Badarudin
  • 11 Maret 2020 - 12:55 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Ratusan nelayan di Kabupaten Pulang Pisau telah terdaftar pada asuransi nelayan perikanan laut dan nelayan perikanan umum. Asuransi ini sangat penting bagi nelayan sebagai jaminan jika terjadi suatu hal buruk saat melaksanakan tugas. 

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Pulang Pisau, Riduan Syahrani mengatakan, saat ini untuk asuransi sudah bersifat mandiri. Sebelumnya selama satu tahun pembayaran asuransi itu ditanggung oleh pemerintah pusat. 

"Sekarang sudah mandiri. Jadi mereka nelayan bayar sendiri. Nilainya yaitu Rp 175 ribu pertahun," kata Riduan, Rabu, 11 Maret 2020. 

Ia membeberkan, asuransi nelayan ini paling banyak diikuti oleh nelayan di wilayah Kecamatan Kahayan Kuala dan Sebangau Kuala. Beberapa tahun yang lalu, pernah terjadi kasus nelayan sampai meninggal dunia saat melakukan aktivitas nelayan. 

"Nelayan ini mendapatkan asuransi dan diserahkan kepada keluarga yang ditinggalkan. Kalau tidak salah saat itu nilainya mencapai Rp 160 juta," ucap Riduan. 

Lanjut Riduan, harapannya semua nelayan bisa terdaftar pada asuransi nelayan ini. Bukan kita menghendaki terjadi apa-apa pada nelayan. 

"Tetapi ketika melakukan aktivitas nelayan di laut itu tentu tidak lepas dari ancaman dan bahaya. Jadi tidak ada salahnya nelayan ini ikut asuransi," tandasnya. (M.BADARUDIN/B-5)

Berita Terbaru