Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Temu Teknis Penyuluh Sebagai Wahana Sinergitas Koordinasi dalam Pelaksanaan Kegiatan

  • Oleh Ramadani
  • 11 Maret 2020 - 20:51 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Barito Utara, Setia Budi mengatakan kegiatan temu teknis penyuluhan merupakan salah satu metode untuk meningkatkan sinergitas koordinasi dalam pelaksanaan kegiatan penyuluhan.

Menurutnya, pada UU Nomor 16 Tahun 2006 tentang Sistem Penyuluhan Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan mengamanatkan kebijakan penyuluhan menjadi wewenang dan tanggung jawab pemerintah dan pemerintah daerah.

“Hal ini untuk mengoptimalkan fungsi penyuluhan dalam rangka mendukung pembangunan pertanian, perikanan dan kehutanan,” ungkapnya.

Namun semua itu diperlukan komitmen kuat untuk melakukan revitalisasi penyuluhan yang meliputi aspek penataan kelembagaan, ketenagaan, penyelenggaraan, dukungan sarana dan prasarana serta pembiayaan yang memadai.

Untuk itu penyelenggaraan di tingkat kabupaten, kecamatan sampai ke desa/kelurahan harus berkomitmen yang kuat khususnya bagi aparatur guna mendukungan pembiayaan revitalisasi penyelenggaraan penyuluhan.

“Penyuluh merupakan barisan terdepan dilini lapangan dalam pencapaian sasaran program peningkatan produksi pertanian, perkebunan dan peternakan serta sebagai agen pelestarian lingkungan,” jelasnya. (RAMADHANI/B-6)

Berita Terbaru