Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

176 Siswa Kobar Ikuti Seleksi Paskibraka 2020

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 11 Maret 2020 - 21:31 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Setelah mengikuti tahapan seleksi sebelumnya, kini 176 siswa dan siswi yang lolos mengikuti tahap akhir calon Paskibraka Kabupaten Kotawaringin Barat di Stadion Sampuraga, Rabu, 11 Maret 2020.

Sebelumnya Tim Panitia Seleksi (Pansel) Calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Capaskibraka) melaksanakan seleksi diseluruh SMA/SMK/MA selama 7 hari yaitu pada tahapan tes berupa tes fisik, mental dan kesehatan jasmani serta rohani.

Diturunkan tim kesehatan untuk memeriksa kesehatan para pelajar calon Paskibraka, terdiri 1 dokter dan 2 perawat dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kobar yakni dr. Novi Davitsen, Mursidah, Amd.Kep dan Rohadi, S.Kep.

Selaku Tim Pansel Clon Paskibraka 2020 Tingkat Provinsi dan Kabupaten Kotawaringin Barat yang juga sebagai Kepala Dispora Rustam Effendi menyampaikan, melaksanakan seleksi akhir terhadap 176 peserta dari SMA/SMK/MA sederajat dan akan dipilih 76 peserta, meliputi pemeriksaan fisik jasmani dan rohani, cek ulang tinggi dan berat badan.

"Hasil keputusan akhir siapa saja yang lolos terpilih sebanyak 76 orang itu, agar bisa menjaga dan mempersiapkan kesehatannya sampai saat mengikuti diklat hingga pelaksanaan pengibaran bendera pusaka nanti," katanya.

Selain tes fisik juga dilakukan pengukuran tinggi dan berat badan. Pengukuran ini dilakukan agar dalam seleksi akhir ini dapat menghasilkan capaskibraka yang betul-betul teruji dan memenuhi syarat yang telah ditentukan.

Sebagai hasil akhir yang lolos dalam seleksi ini, Capaskibraka akan ditetapkan dengan Surat Keputusan Bupati Kobar sebagai anggota Capaskibraka hingga pada Juli 2020.

"Setelah itu Capaskibraka akan dikarantina dan diberikan pelatihan sebagai anggota Paskibraka 2020," ungkapnya.

Terkahir, sebelum pelaksanaan Pengibaran Bendera Pusaka 17 Agustus 2020 terlebih dulu para pelajar akan dikukuhkan oleh Bupati Kobar sebagai anggota tetap Paskibraka.

"Tentunya kami akan berupaya maksimal, agar mereka benar-benar siap menjalankan tugasnya dan dapat memberikan yang terbaik dalam prosesi pengibaran bendera nanti," pungkasnya. (DANANG/B-6)

Berita Terbaru