Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wishnutama: Produk Fashion Muslim Indonesia Jadi Andalan

  • Oleh Teras.id
  • 13 Maret 2020 - 12:00 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio mengatakan produk fashion lokal, khususnya fashion muslim, merupakan salah satu produk ekonomi kreatif yang dapat diandalkan oleh pemerintah untuk dijual di pasar global.

Menurut dia, produk tersebut merupakan satu dari 17 subsektor yang digadang-gadang untuk memberikan kontribusi besar terhadap pemerolehan devisa.

"Untuk produk fashion muslim, Indonesia masuk tiga besar dunia sebagai negara pegekspor," ujar Wishnutama dalam keterangan tertulis pada Kamis, 12 Maret 2020.

Posisi Indonesia, kata Wishnutama, hanya setingkat di bawah Uni Emirate Arab atau UEA dan Turki yang selama ini kesohor sebagai penegekspor produk fashion muslim terbesar di dunia. Adapun forum-forum busana muslim Indonesia, seperti Indonesia Islamic Fashion Consortium, diklaim telah menjadi rujukan bagi dunia.

Tingginya minat pasar dunia terhadap fashion muslim dalam negeri tercermin dari melonjaknya permintaan produk melalui e-commerce. Berdasarkan data yang dihimpun Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, 45,8 persen penjualan e-commerce sepanjang 2019 adalah untuk produk fashion. Adapun 3,5 persen di antaranya merupakan fashion muslim.

"Banyak juga karya para desainer fashion muslim dari Indonesia tampil dalam event fashion show kelas dunia seperti New York Fashion Week, International London Fashion Week, dan Melbourne Fashion Week," tuturnya.

Wishnutama meyakini, volume ekspor fashion muslim di Indonesia sebagai bagian dari produk ekonomi kreatif akan meningkat setiap tahun. Namun, upaya itu mesti diimbangi dengan peningkatan kualitas.

Ia selanjutnya berharap para pelaku fashion dapat memahami ekosistemnya sehingga mampu menciptakan peluang-peluang baru. Selain itu, ia menginginkan adanya keseimbangan antara pemain lokal dan asing agar keberlangsungan pasar terjaga.

Berdasarkan data State of The Global Islamic Report 2019, konsumsi fashion dunia mencapai US$ 270 miliar. Pada 2022, diproyeksikan konsumsi ini meningkat menjadi US$ 373 miliar.

(TERAS.ID)

Berita Terbaru