Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Andai Jalan Darat Kamipang - Mendawai Tembus, Perekonomian Warga Hilir Katingan Bakal Meningkat

  • Oleh Abdul Gofur
  • 13 Maret 2020 - 17:51 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Andai jalan darat dari Kecamatan Kamipang menuju Kecamatan Mendawai tembus, maka perekonomian warga  di bagian hilir bakal meningkat.

Sejauh ini masih ada 2 kecamatan di bagian hilir yang masih terisolasi karena belum bisa diakses melalui jalan darat dari Kasongan ibu kota Kabupaten Katingan yakni Mendawai dan Katingan Kuala.

Camat Mendawai, Rusli Kaderi, Jumat, 12 Maret 2020 menuturkan selama ini warga dua wilayah kecamatan itu hanya mengandalkan tengkulak atau pedagang dari luar daerah yang datang membeli hasil bumi baik berupa padi atau beras dan ikan hasil tangkapan di sungai dan laut dengan harga yang sudah dipatok.

Namun jika jalan di dua wilayah kecamatan tersebut sudah bisa ditempuh menggunakan jalur darat menuju Kasongan, maka secara tidak langsung akan menambah perekonomian warga.

Pasalnya, selain biaya transportasi lebih murah, warga atau petani bisa menjual langsung kepada pedagang atau pengepul di Kasongan maupun Sampit dengan harga bersaing.

Hal senada diungkapkan Camat Katingan Kuala, Surianto. Menurutnya, seandainya nanti jalur transportasi darat dari Pegatan Kecamatan Katingan Kuala dan Kecamatan Mendawai itu tembus sampai Kasongan  maka perekonomian warga di wilayah ini akan meningkat.

Surianto mengaku optimistis pembangunan jalan darat oleh pemerintah daerah dengan melibatkan perusahaan perkebunan kelapa sawit mulai dari Kereng Pekahi Kecamatan Kamipang menuju wilayah Kecamatan Mendawai yang saat ini mulai dikerjakan bakal segera terwujud.

"Harapan kami warga bagian hilir khususnya Kecamatan Katingan Kuala pembangunan jalan itu nantinya bisa fungsional sesuai harapan pemerintah dan masyarakat," katanya. (ABDUL GOFUR/B-6)

Berita Terbaru