Pilkades di Wilayah Selatan Kotim Berjalan Aman

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 15 Maret 2020 - 02:01 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di Kabuaten Kotawaringin Timur berlangsung aman, kondusif, dan lancar terutama di desa yang berada di wilayah Selatan.

"Kesadaran masyarakat sangat baik terhadap demokrasi, sehingga membuat Pilkades berjalan sesuai harapan dan mayoritas masyarakat sudah menggunakan hak pilihnya," kata Sekda Kotim, Halikinnor, Sabtu, 14 Maret 2020.

Sekda beserta rombongan melakukan pantauan dibeberapa desa di wilayah selatan. Di antaranya Desa Pelangsian, Bapanggang Raya, Ramban, Jaya Kelapa, Basirih, Bapinang, dan Parebok.

Pilkades serentak kali ini diharapkan bisa berjalan sukses serta aman terkendali seperti pada tahun sebelumnya. Perjalanan yang dilalui bukan hanya jalur darat saja.

Ada juga yang harus ditempuh menggunakan transportasi air yakni kelotok dan speed boat. Sekda melakukan pemantauan ditemani Kapolres Kotim AKBP Mohammad Rommel beserta jajaran.

Kehadiran mereka disambut hangat oleh panitia maupun aparat desa. Suasana hangat terasa saat rombongan datang ke setiap TPS.

Sekda dan Kapolres Kotim menjadi rebutan warga sekitar untuk berswafoto. Tidak ada batasan di antara para pejabat tinggi dengan masyarakat. Mereka merangkul masyarakat saat foto bersama.

"Namanya kompetisi itu ada yang menang dan ada yang kalah. Untuk yang terpilih, kami berharap dapat melaksanakam tugasnya dengan sebaik mungkin, mengemban amanah masyarakat dengan penuh tanggung jawab. Sementara untuk yang kalah harus bersabar. Jadikan motivasi untuk berbenah," tukasnya.

AKBP Mohammad Rommel mengatakan dari pantauan saat ini semua berlangsung aman tanpa ada kendala sedikit pun meski dibeberapa desa terdapat persaingan yang sangat ketat antar calon kepala desa.

"Terima kasih sudah menjalankan pesta demokrasi dengan sangat baik, sehingga kondusifitas tetap terjaga. Inilah yang menandakan jika masyarakat Kotim sudah cerdas dalam berpolitik. Semoga pada Pilkada Bupati Kotim maupun Gubernur Kalteng dapat berjalan lancar, tertib dan aman seperti sekarang," katanya. (MUHAMMAD HAMIM/B-6)

Berita Terbaru