Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sekolah Libur Karena Corona, Ruangguru Buka Kelas Online Gratis

  • Oleh Teras.id
  • 15 Maret 2020 - 07:40 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Aplikasi belajar online Ruangguru mengumumkan telah membuka Sekolah Online Ruangguru Gratis melalui aplikasi Ruangguru. Hal ini merupakan bentuk respons atas diliburkannya sekolah di beberapa wilayah di Indonesia karena darurat kesehatan virus corona COVID-19.

Pendiri dan Direktur Utama Belva Devara menerangkan program sekolah online merupakan bentuk kepeduliannya terhadap keselamatan dan kesehatan jutaan guru, siswa dan keluarga.

"Upaya kami untuk memastikan bahwa akses pendidikan tetap terbuka bagi seluruh siswa di Indonesia, di mana pun dan kapan pun," ujarnya dalam keterangan tertulis, Sabtu, 14 Maret 2020.

Sekolah online gratis dibuka setelah Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menetapkan COVID-19 sebagai pandemi, dan setelah Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO) merekomendasikan kegiatan belajar jarak jauh sebab COVID-19 telah mengganggu kegiatan bersekolah 290 juta siswa di seluruh dunia.

Melalui program belajar online itu, para siswa dapat mengikuti pembelajaran jarak jauh (live teaching) setiap hari Senin sampai Jumat, layaknya sekolah seperti biasa di aplikasi Ruangguru. Dimulai dari Senin, 16 Maret 2020, siswa bisa mengikuti pembelajaran Sekolah Online Ruangguru Gratis dari pukul 08.00 - 12.00 WIB.

"Ruangguru akan menyediakan 15 kanal live teaching yang mencakup semua mata pelajaran sesuai dengan kurikulum nasional, mulai dari kelas 1 SD hingga kelas 12 SMA (IPA dan IPS), yang dipandu oleh para Master Teachers Ruangguru," kata Belva.

Para siswa yang belum dapat mengikuti sesi di pagi hari dapat juga mengakses rekaman Sekolah Online yang dapat diakses pada hari yang sama setelah pukul 12.00 WIB. Selain fasilitas live teaching, para siswa dapat terus melatih pemahamannya melalui fitur Bank Soal dan Online Tryout secara gratis.

Layaknya sekolah biasa, siswa juga bisa mengetahui apa yang akan dipelajari di jam dan hari tertentu melalui rincian jadwal pembelajaran yang terdapat di aplikasi Ruangguru. Di setiap sesi live teaching dalam sekolah online, siswa juga dapat mengajukan pertanyaan serta berdiskusi bersama pelajar lain melalui fitur live chat.

Selain itu, terdapat pula fitur set reminder pada aplikasi yang dapat mengingatkan siswa secara otomatis apabila kelas akan dimulai pada jam yang telah ditentukan. Jika murid belum bisa mengikuti kelas dari awal, pembelajaran di sekolah online dapat diakses kembali setelah sesi keseluruhan sesi pembelajaran selesai.

Sementara Pendiri dan Direktur Produk & Kerjasama Ruangguru Iman Usman, menyadari bahwa situasi yang melanda banyak sekali siswa dan keluarga saat ini telah mengganggu proses belajar dan mengajar mereka.

Berita Terbaru