Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Soroti Kasus Pembuangan Bayi, Pengungkapan Harus Jadi Pelajaran Bagi Semua Pihak

  • Oleh Naco
  • 19 Maret 2020 - 18:55 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Anggota DPRD Kotawaringin Timur Hj. Darmawati menyoroti kasus pembuangan bayi yang selalu terjadi di Kotim. 

Anggota Fraksi Golkar mengapresiasi jajaran kepolisian Polres Kotim yang mengungkapkan kasus itu. Setidaknya dengan terungkapnya salah satu diantara sejumlah kasus pembuangan bayi ini menjadi pelajaran bagi semua pihak.


“Sebagai seorang perempuan dan seorang ibu saya merasa miris melihat kasus pembuangan bayi ini," kata dia, Kamis, 19 Maret 2020.

Menurut Darmawati perbuatan itu merupakan sebuah tindak pidana di mana menelantarkan anak sendiri terlebih pemenelantaran ini dilakukan ditempat-tempat berbahaya dan berpotensi membnunuh sang anak itu sendiri.


Dikatakannya, pembuangan bayi ini menjadi sorotan mereka. Semestinya tidak perlu terjadi demikian. Tersangka yang juga orang tua mestinya jika tidak mampu  harusnya menyampaikan kepada warga lainnya atau bahkan pemerintah kabupaten supaya bisa diberikan hak asuh anak tersebut.


Darmawati juga mempertanyakan kasus pembuangan bayi di Kotim itu seakan tidak pernah berhenti. Dia berharap dengan terungkapnya kasus pembuangan bayi kali ini bisa menjadi peringatan bagi siapapun yang mencoba main-main dengan membuang bayi yang baru dilahirkan. 

"Apalagi pidana penjara kepada kasus pembuangan bayi ini bisa dijerat dengan UU perlindungan anak," tandasnya. (NACO/B-5)

Berita Terbaru