Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wabah Virus Corona, Penderita Penyakit Serius Harap di Rumah Saja

  • Oleh Teras.id
  • 21 Maret 2020 - 11:25 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Berdasarkan data Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 hingga 20 Maret 2020, sebanyak 369 positif COVID-19, 32 orang meninggal dan 17 orang sembuh. Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), Prof. Dr. Ari Fahrial Syam, mengatakan kelompok masyarakat yang memiliki penyakit penyerta saat ini mendominasi angka kematian yang cukup besar akibat virus corona atau COVID-19.

"Boleh saya simpulkan pada kasus ini umumnya pasien-pasien dengan penyakit penyerta," katanya.

Melihat tren yang terjadi, semakin tinggi usia seseorang maka kemungkinan risiko terpapar virus corona menjadi lebih tinggi. Apalagi orang yang sudah berusia 60 tahun ke atas disertai penyakit penyerta, misalnya kencing manis. Akibatnya, risiko komplikasi juga semakin tinggi.

"Jadi, ini yang perlu diperhatikan masyarakat. Terakhir, ada yang disebutkan memiliki penyakit penyerta paru obstruktif kronis yang berhubungan dengan rokok," katanya.

Melihat kondisi saat ini, ia mengimbau orang yang termasuk dalam kelompok rentan tersebut sebaiknya tetap berada di rumah karena dikhawatirkan saat berada di luar rumah malah berinteraksi dengan orang yang positif COVID-19 namun tanpa gejala sehingga bisa terinfeksi.

Pada kesempatan itu, ia juga mengingatkan bahwa tingkat penyebaran virus asal Cina tersebut tergolong tinggi dari satu orang ke orang lain.

TERAS.ID

Berita Terbaru