Masuki Panen Raya Padi, Warga Barito Timur Tidak Perlu Khawatir

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 25 Maret 2020 - 19:20 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Barito Timur Riza Rahmadi meminta masyarakat kabupaten setempat untuk tidak khawatir tentang ketersediaan beras. Apalagi, panen raya padi segera tiba.

"Masyarakat tidak perlu khawatir, kebutuhan beras kita tercukupi, sekarang sudah masuk masa panen yang puncaknya pada bulan April nanti," kata Riza di Tamiang Layang, Rabu 25 Maret 2020.

Dia menjelaskan, sebagian besar wilayah petani di Barito Timur yang menanam padi pada musim tanam Oktober-Maret di lahan kering maupun sawah sudah mulai panen.

Total luas tanam pada musim tanam ini, lanjutnya, seluas 11.091 hektare, dengan produksi gabah diprediksi mencapai 28.000 ton.

"Barito Timur mulai memasuki panen raya, sehingga ketersediaan gabah cukup, ini kesempatan kita mendukung produk beras lokal," pungkas Riza.


Untuk diketahui, dalam beberapa hari terakhir, timbul kekhawatiran dari sebagian masyarakat Barito Timur karena wabah virus corona atau Covid-19 dan posisi daerah ini yang dikepung zona merah Covid-19.

Banyak yang khawatir jika pasokan kebutuhan pokok, termasuk beras yang biasa masuk dari wilayah Kalimantan Selatan dihentikan akan menyebabkan Barito Timur kesulitan pasokan bahan pangan. (BOLE MALO/B-7)

Berita Terbaru