Salat Jumat Hari Ini di Kotawaringin Timur Berlangsung Seperti Biasa

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 27 Maret 2020 - 07:20 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pelaksanaan salat Jumat bagi umat muslim di Kotawaringin Timur tetap berlangsung seperti biasa, meskipun masih siaga darurat virus Corona atau Covid-19.

"Untuk ibadah salat Jumat masih dilaksanakan seperti hari biasanya," ujar Kepala Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kotawarigin Timur (Kotim) Syamsudin, di Sampit, Jumat, 27 Maret 2020.  

Ia menerangkan, langkah tersebut tetap diambil karena saat ini Kotim masih zona hijau penyebaran Covid-19. Jadi tidak mengikuti surat edaran dari provinsi yang menyatakan Kota Palangka Raya sudah masuk zona merah. 

"Sementara masih dilaksanakan, namun kami juga tidak melarang bagi warga yang hendak melaksanakan salat Zuhur di rumah. Namun yang pasti nanti akan kami rapatkan lagi," kata Syamsudin. 

Ia mengatakan, apa yang dilakukan saat ini bukan karena pihaknya tidak peduli dan tidak siaga terhadap penyebaran Covid-19. Namun jika memang nantinya harus meniadakan salat berjemaah di masjid-masjid atau salat Jumat, maka pihaknya akan melakukan evaluasi lagi. 

Selain itu, pihaknya juga sudah mengambil langkah antisipasi dengan penyemprotan disinfektan di berbagai masjid, mengeluarkan imbauan tidak menggunakan ambal atau karpet, dan juga mengimbau tidak kontak swcara langsung. 

"Mudah-mudahan apa yang diambil ini merupakan yang terbaik dan diridhoi oleh Allah. Dan seluruh masyarakat Kotim disehatkan dan dijauhkan daripada wabah penyakit Covid-19 ini," harap Syamsudin. (MUHAMMAD HAMIM/m)

Berita Terbaru