Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pengujian Covid-19 Harus Tetap Melalui Laboratorium

  • Oleh Testi Priscilla
  • 29 Maret 2020 - 18:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah, Suyuti Syamsul menjelaskan, pengujian positif atau negatifnya pasien Covid-19 tetap harus melalui laboratorium. Tidak bisa hanya mengandalkan alat rapid test.

"Tetap harus uji laboratorium. Kendalanya adalah laboratorium kita di Kalteng ini belum siap untuk pengujian covid-19, kita belum punya alat, SDM-nya juga masih sangat terbatas. kita harus kirimkan sampel untuk diperiksa di laboratorium di Jakarta," kata Suyuti, Minggu, 29 Maret 2020.

Suyuti melanjutkan, jika hanya menggunakan alat rapid test yang digadang-gadang dapat mengeluarkan hasil testnya hanya dalam waktu kurang lebih dua menit. Tetapi, tetap saja pengujian laboratorium diperlukan.

"Mulai hari ini kita di Palangka Raya mengalihkan tempat pemeriksaannya ke Surabaya supaya lebih cepat keluar hasilnya. Selama ini kita cek di Jakarta dan itu hasilnya lama keluar, akhirnya pasien numpuk di rumah sakit karena menunggu hasil laboratorium," terangnya.

Dia menambahkan, jumlah pasien yang setiap hari bertambah. melainkan proses pengetesan covid-19 yang semakin hari semakin lama, sehingga pasien yang menunggu tidak bisa keluar dari rumah sakit. Sementara pasien baru juga memerlukan ruang perawatan.

"Yang membuat lama ini kan pasien kita tahan di rumah sakit karena harus menunggu hasil pemeriksaan sementara hasil uji laboroatorium ini makin hari makin lama saja keluarnya," tutur Suyuti. (TESTI PRISCILLA/B-11)

Berita Terbaru