Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Agar Tak Terimbas Corona UMKM Lamandau Didorong Maksimalkan Pola Jual Beli Online

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 03 April 2020 - 03:35 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Bupati Lamandau H Hendra Lesmana mengakui jika wabah virus Corona atau Covid-19 cukup mengancam eksistensi pelaku usaha mikro Kkecil menengah (UMKM). Tak hanya itu, kondisi yang ada saat ini bahkan dinilainya cukup membahayakan perekonomian secara umum.

"Harus diakui bahwa wabah Corona ini akan sangat diraskan dampak negatifnya oleh pelaku ekonomi secara umum. Terlebih oleh para pelaku UMKM yang selama ini masih mengandalkan pola transaksi langsung atau tatap muka. Karena yang laris bisa tiba-tiba sepi pembeli," katanya.

Hendra Lesmana menilai, khusus di Lamandau, pelaku UMKM sejatinya masih bisa eksis andai saja bisa memaksimalkan pola transaksi jua beli online.

"Kita mendorong UMKM memaksimalkan potensi sejenis jual beli online ini. Saya kira sudah banyak contohnya jual beli yang hanya memaksimalkan smartphone. Tak harus menggunakan aplikasi tertentu yang dirasa sulit, yang sederhana saja, lewat WA (Whats App) kah atau lewat FB (Facebook) atau IG (Instagram) kan bisa. Sistemnya nanti sejenis pesan-antar'," kata dia.

Jika dalam situasi seperti saat ini masih mengandalkan pola jual beli tradisional untuk sebagian pelaku usaha tentu akan terasa berat.

Selain karena adanya imbauan tentang social distancing, physical distancing, hingga larangan berkumpul dan berkerumun, masyarakat juga atas kesadaran sendiri memilih tidak banyak beraktivitas di luar rumah seperti sedia kala.

"Sebelum Corona ini mewabah kan enak saja, masyarakat bisa sambil cari angin dan menikmati suasana di luar rumah untuk berbelanja, makan-makan di luar tanpa ada rasa takut. Kalau sekarang, selain ada pembatasan juga masyarakat takut sendiri, sehingga dengan situasi ini pelaku UMKM-lah yang harus jemput bola. Harus memudahkan pelanggan dengan tetap mengedepankan sisi  pencegahan covid-19," sebutnya.
(HENDI NURFALAH)

Bupati Hendra Lesmana saat kegiatan penyemprotan disinfektan di area pasar Nanga Bulik.

Berita Terbaru