Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kepala Dinas Pertanian Barito Timur Minta Petani Serentak Berantas Hama

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 03 April 2020 - 20:31 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Barito Timur Riza Rahmadi meminta petani di Desa Pinang Tunggal Kecamatan Pematang Karau agar serentak dalam melakukan penanggulangan hama dengan penyemprotan insektisida.

Permintaan ini disampaikan Riza Rahmadi saat turun meninjau padi yang terserang hama wereng coklat di desa tersebut, Jumat 3 April 2020.

"Penyemprotan insektisida pada tanaman padi harus dilakukan serentak sehingga benar-benar punah dan tidak menyerang padi yang lain," kata Riza di Desa Pinang Tunggal.

"Nanti setelah tiga hari, pengamat hama dan penyuluh akan memantau hasilnya, jika masih ada serangan hama lagi, kita lanjutkan pengendalian," imbuhnya.

Dia berharap dengan pengendalian yang secara serentak, tanaman padi bisa diselamatkan dan meminimalisir gagal panen.

Sementara itu, Kepala Balai Penyuluh Pertanian atau BPP Pematang Karau Yudhi Irwanto menjelaskan, pada umumnya tanaman padi yang diserang hama wereng coklat di desa tersebut adalah varietas padi lokal. "Kalau yang varietas padi unggul tidak diserang hama," ungkap Yudhi.

Pada kesempatan itu, dilakukan pembagian insektisida sekaligus dipraktekkan cara pengaplikasian untuk pengendalian hama wereng coklat kepada tiga kelompok tani yakni kelompok tani Manyupak Raya, Harapan Jadi dan Pinang Indah. (BOLE MALO/B-6)

Berita Terbaru