900 Warga Palangka Raya Terdaftar Sebagai Penerima Kartu Pra Kerja

  • Oleh Hendri
  • 04 April 2020 - 11:45 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Palangka Raya, Mesliani Tara mengatakan sekitar 900 warga setempat telah terdaftar sebagai penerima kartu pra kerja.

"Kurang lebih 900 orang sudah terdaftar dan hari ini terakhir dikompilasi ke Disnakertrans Provinsi," kata Mesliani Tara, Sabtu 4 April 2020.

Warga yang mendaftarkan diri sebagai penerima kartu ini merupakan warga yang terkena pemutusan hubungan kerja atau yang dirumahkan akibat penyebaran Covid-19.

"Ada yang kena PHK ada yang dirumahkan, semoga mereka bisa cepat mendapatkan kartu tersebut karena kita menunggu dari pusat," tuturnya.

Sesuai aturan pemerintah pusat lanjut Mesliani, nantinya peserta program Kartu Pra Kerja akan mendapatkan insentif dan bantuan pelatihan sekitar  Rp 3 juta lebih.

Rincian insentif yang diterima peserta pra kerja tersebut terdiri dari biaya bantuan pelatihan sebesar Rp 1 juta, lalu insentif penuntasan pelatihan sebesar Rp 600 ribu per bulan selama 4 bulan, dan insentif survei kebekerjaan sebesar Rp 150 ribu.

Dana tersebut akan ditransfer dalam beberapa tahap selama 3-4 bulan yang masuk ke dompet digital atau e-wallet peserta.

"Peserta program bisa mengikuti pelatihan yang dilakukan secara online. Setelah selesai nantinya akan mendapatkan sertifikat pelatihan dari lembaga yang diikutinya," pungkasnya. (HENDRI/B-11)

Berita Terbaru