2 Positif Covid-19 melalui Rapid Test Masih Tunggu Kepastian Pemeriksaan Laboratorium

  • Oleh Wahyu Krida
  • 04 April 2020 - 12:40 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Walaupun ada tambahan 2 positif covid-19 dari hasil rapid test di Labkesda Kotawaringin Barat (Kobar), Jumat, 3 April 2020 malam, namun untuk kepastiannya secara medis masih menunggu hasil pemeriksaan sampel swab dari laboratorium Balitbangkes Surabaya.

Kabid Pecegahan dan Pengendalian Penyakit  Menular dan Tidak Menular Dinkes Kobar, Ahmad Sulkan, Sabtu, 4 April 2020 pagi, saat ini pihaknya sedang melakukan rapid test pada jamaah tabligh yang berasal dari Kecamatan Pangkalan Banteng.

"Biasanya hasil pemeriksaan sampel swab selesai dalam kurun waktu 3 hari. Rapid test merupakan cara deteksi awal apakah orang yang bersangkutan positif atau tidak. Sambil melakukan rapid test, kita juga mengambil sampel swab untuk diperiksa lebih mendalam di laboratorium," jelas Sulkan.

Menurut Sulkan, secara umum jumlah rapid test yang ada di Kabupaten Kobar juga sangat minim.

"Kami memanfaatkan alat rapid test milik RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun yang kemarin datang 120 unit, dan milik dinas kesehatan sebanyak 20 unit," jelasnya.

Sulkan mengatakan 2 orang jamaah tabligh yang diketahui positif menurut rapid test saat ini sedang dirawat di ruang karantina/isolasi RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun.

"Artinya ada 3 orang dari jamaah tabligh tersebut yang sudah di karantina. 1 orang sudah terkonfirmasi sampel swab laboratorium, 2 orang masih positif dari hasil rapid test, dan masih menunggu pemeriksaan sampel swab dari laboratorium," jelas Sulkan. (WAHYU KRIDA/B-11)

Berita Terbaru