Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Orang Dengan Risiko Covid-19 di Lamandau Tembus 400, ODP 49

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 04 April 2020 - 19:40 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Jumlah masyarakat kabupaten Lamandau dengan kategori Orang Dengan Pemantauan (ODP) Virus Corona atau Covid-19 terus bertambah. Hingga Sabtu 4 April 2020 jumlah ODP mencapai 49 orang. Adapun masyarakat dengan kategiri Orang Dengan Risiko (ODR) jumlahnya tembus di angka 400 orang.

"Data hingga hari ini, jumlah ODP sebanyak 49 orang, sedangkan yang berstatus ORD 400 orang. Alhamdulillah saat ini tidak ada warga Lamandau yang berstatus PDP (Pasien Dalam Pengawasan), apalagi positif Covid-19," Kata Bupati Hendra Lesmana, Sabtu 4 April 2020 petang.

Hendra Lesmana menjelaskan, peningkatan jumlah ODP dan juga ODR tidak dapat dihindari karena adanya warga yang datang dari berbagai daerah, seperti adanya mahasiswa asal Lamandau yang berdatangan atau mudik, termasuk juga kondisi kabupaten tetangga yakni Kotawaringin Barat (Kobar) yang saat ini masuk zona merah.

Hendra Lesmana juga berharap agar semua pihak berkolaborasi dalam menangkal penyebaran Covid-19 di Lamandau, seperti menerapkan physical distancing dan juga sosial distancing.

"Apalagi Kobar saat ini sudah masuk zona merah covid-19 yang secara geografis, ekonomi dan sosial memiliki berhubungan erat dengan Lamandau. Level kewaspadaan masyarakat Lamamdau tentu harus terus ditingkatkan," kata dia.

Hendra Lesmana yang juga ketua Gugus Tugas Covid-19 kabupaten Lamandau itu mengingatkan agar masyarakat yang baru datang dari luar daerah dapat melakukan isolasi mandiri, baik ada maupun tidak ada gejala Covid-19.

Hendra Lesmana menilai, pencegahan berupa isolasi mandiri bagi warga yang baru datang dari luar daerah adalah upaya paling efektif saat ini. (HENDI NURFALAH/B-5)

Berita Terbaru