Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Barito Selatan Siapkan Dana Rp 10 Miliar Untuk Tangani Dampak COVID-19

  • Oleh Uriutu
  • 09 April 2020 - 16:05 WIB


BORNEONEWS, Buntok - Pemkab Barito Selatan menyiapkan dana Rp10 miliar khusus untuk menanggulangi dampak Virus Corona atau COVID-19.


“Kita menyiapkan anggaran sebesar Rp 10 miliar untuk menanggulangi dampak COVID-19, setidaknyauntuk enam bulan kedepan,” kata Sekda Barsel, Eddy Purwanto kepada Borneonews, Kamis, 9 April 2020.

Ia membeberkan, anggaran tersebut hasil pergeseran Dana Insentif Daerah atau DID dan Dana Alokasi Khusus fisik serta beberapa dana proyek pembangunan lainnya dari sejumlah SOPD yang tercantum dalam APBD 2020.

“Selain DID dan DAK, semua dana proyek yang dianggap masih tidak begitu mendesak kita coba ambil, kita alokasikan khusus untuk penanggulangan COVID-19 ini,” beber dia.

Ia menjelaskan, berdasarkan instruksi Mendagri nomor 1/ 2020, dana darurat yang disiapkan oleh pemkab nantinya digunakan untuk pendanaan di bidang kesehatan, yakni untuk pembelian alat pelindung diri (APD), rapit test dan kebutuhan tenaga medis lainnya.

Kemudian, sambung dia, dana tersebut juga akan digunakan untuk menanggulangi dampak mewabahnya COVID-19, yakni untuk membeli bahan pokok yang akan dibagikan kepada masyarakat terdampak.

“Sebagiannya lagi, digunakan untuk stimulan modal bagi para pelaku UMKM, yang juga turut menjadi bagian dari dampak merosotnya ekonomi di tengah pandemi.

Menurutnya, berdasarkan instruksi Mendagri tersebut juga, pemkab diperbolehkan menghibah sebagian dana yang disediakan tersebut kepada instansi vertikal lainnya. Seperti Kepolisian, TNI, Kejaksaan, BPBD ataupun stakeholder lainnya, untuk membantu pembiayaan penanganan dan pencegahan penyebaran Sars Cov 2 itu.


Namun, terkait kapan dana tersebut bisa dikucurkan, saat ini pemkab masih menunggu beberapa instansi yang belum menyampaikan draft RKA perubahan dan juga persetujuan dari pihak legislatif.


“Mudah-mudahan bisa secepatnya kita selesaikan, supaya dana ini bisa kita gunakan segera,” ucap dia. (URIUTU DJAPER/m)

Berita Terbaru