Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinkes Barito Timur Minta Warga Baru Datang dari Palangka Raya Melapor

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 12 April 2020 - 19:00 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Barito Timur, Simon Biring meminta warga yang baru datang dari Kota Palangka Raya agar melapor ke Puskesmas terdekat.

Permintaan ini terkait dengan status Kota Palangka Raya sebagai local transmission atau transmisi lokal Covid-19, yang berarti bahwa ada pasien tertular Covid-19 di Kota Palangka Raya yang berasal dari warga lainnya di kota tersebut.

"Per hari ini Palangka Raya ditetapkan araea transmisi lokal, mohon kalau dari Palangka Raya melapor ke puskesmas tedekat," kata Simon di Tamiang Layang, Minggu, 12 April 2020.

Menurutnya, warga yang datang dari Palangka Raya bakal diperiksa suhu tubuh oleh petugas kesehatan dan dilakukan pendataan. Demikian juga dengan warga lain yang datang dari zona merah Covid-19.

Selanjutnya, sekalipun warga tersebut tidak menunjukkan gejala tertular Covid-19 namun yang bersangkutan harus melakukan karantina mandiri selama 14 hari.

Simon juga meminta agar seluruh warga Barito Timur mengenakan masker saat keluar rumah karena saat ini makin banyak Orang Tanpa Gejala atau OTG Covid-19, namun di dalam tubuhnya sudah ada virus tersebut.

"Tidak harus masker dari pabrik, kita bisa buat sendiri dengan menggunakan kain yang ada di rumah atau sapu tangan," pungkasnya.

Untuk diketahui, saat ini di Barito Timur 1 orang positif Covid-19, 20 Orang Dalam Pemantauan atau ODP, sedangkan Pasien Dalam Pengawasan atau PDP nihil. (BOLE MALO/B-7)

Berita Terbaru