Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Desa Tampa Bantu Warga Terdampak Covid-19 Dengan Program Padat Karya Tunai

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 13 April 2020 - 18:55 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang -  Kepala Desa Tampa Kecamatan Paku, Dubinata terus berupaya mencari solusi bagi warganya yang mengalami kesulitan ekonomi akibat wabah virus corona atau Covid-19. Salah satunya melalui program padat karya tunai.

Padat karya tunai merupakan program pemerintah berupa kegiatan pemberdayaan masyarakat desa, khususnya yang miskin dan marginal, bersifat produktif yang mengutamakan pemanfaatan sumber daya, tenaga kerja dan teknologi lokal untuk menambah pendapatan, mengurangi kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Program yang dikerjakan di desa tersebut yaitu pembangunan jalan gang sepanjang 100 meter dengan menggunakan dana desa sebesar Rp 65 juta.

"Pada hari pertama ini diikuti lebih dari 30 warga Desa Tampa dan ditargetkan pengerjaannya akan selesai dalam waktu tiga hari," kata Dubinata, Senin, 13 April 2020.

Dia menuturkan, upah harian pekerja pada program padat karya tunai ini yakni Rp 200 ribu untuk tenaga teknis berpengalaman, Rp 150 ribu untuk pengawas kerja dan Rp 125 ribu untuk pekerja.

"Jadi Rp 65 juta itu sudah termasuk pembelian material dan upah pekerja," imbuhnya.

Dia berharap program padat karya tunai yang dijalan oleh desa yang dipimpinnya dapat membantu perekonomian maupun kebutuhan pokok masyarakat khususnya warga miskin.

"Mudah-mudahan bisa sedikit meringankan kebutuhan warga masyarakat khususnya untuk memenuhi keperluan sembako sehari-hari," pungkas Dubinata.

Pembukaan kegiatan padat karya tunai tersebut juga dihadiri Babinsa, Pendeta serta tenaga kesehatan dari Puskesmas Tampa yang pada kesempatan tersebut memberikan imbauan supaya warga masyarakat tetap mematuhi kebijakan pemerintah terkait penangulangan Covid-19. (BOLE MALO/B-7)

Berita Terbaru