Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

102 Pelaku Usaha Kepariwisataan Di Kotim Terdampak Covid-19

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 13 April 2020 - 20:55 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Sebanyak 102 pelaku usaha keparowisataan di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) ikut terdampak pandemi virus Corona atau Covid-19 di daerah ini. 

"Setelah kami lakukan pendataan, ada 102 pelaku usaha yang terdampak Covid-19," ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kotim Fajrurrahman, Senin, 13 April 2020. 

Sebanyak 102 pelaku usaha tersebut meliputi bidang perhotelan, jasa teravel, kafe, restoran, tempat karaoke, hiburan malam, dan sejumlah penunjang tempat wisata lainnya.  

Dampak yang dirasakan berbagai macam. Namun rata-rata terkait penghasilan mereka yang sangat menurun drastis. Bahkan mengalami kerugian jika dipaksakan beroperasi. 

Sehingga sejumlah pelaku usaha seperti perhotelan memilih tutup sementara dan ksryawan mereka dirumahkan. Selain itu, ada juga kafe dan restoran membuat sistem jadwal terhadap karyawan mereka. Ini guna mengurangi pengeluaran. 

"Ada yang memilih tutup sementara, dan ada juga yang tetap berjualan, namun mengurangi jumlah karyawan mereka," kata Fajrurrahman. 

Jumlah 102 ini merupakan pelaku usaha pariwisata memiliki izin. Tidak termasuk bidang lain seperti rumah makan di pinggiran serta pelaku usaha lainnya. 

"Yang kami data, yang memiliki izin. Kalau tidak memiliki izin tidak masuk dalam pendataan kami," terang Fajrurrahman. (MUHAMMAD HAMIM/m)

Berita Terbaru