Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Petani di Desa Tampa Siap Jual Gabah ke Pemerintah

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 14 April 2020 - 14:40 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Petani di Rantau Pusi Desa Tampa Kecamatan Paku menyatakan kesediaannya untuk menjual gabah kepada pemerintah dalam hal ini UPT Balai Benih Serealia dan Buah-buahan Rodok yang mengelola Rice Milling Unit (RMU) atau pabrik beras.

Kesediaan itu disampaikan Ketua Kelompok Tani Kalawangun, Gunjetman, dihadapan Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Barito Timur Riza Rahmadi saat kegiatan video conference dengan Menteri Pertanian Republik Indonesia di Desa Tampa Kecamatan Paku.

"Kami menyambut baik kebijakan pemerintah yang akan membeli gabah kami dengan harga yang lebih tinggi dibanding tengkulak, sehingga kami bisa punya modal lagi untuk persiapan musim tanam berikut," kata Gunjetman.

Ketua kelompok tani yang memiliki 42 anggota ini berjanji akan mengarahkan anggota kelompoknya agar gabah yang dijual kepada pemerintah benar-benar bersih dan kering.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Barito Timur Riza Rahmadi menyampaikan Pemerintah Kabupaten Barito Timur akan membeli gabah dari petani di daerah ini untuk menaikkan harga jual gabah di tingkat petani serta untuk menjaga ketahanan pangan lokal.


"Ini juga untuk menjaga ketersediaan beras di Kabupaten Barito Timur, terutama saat wabah Covid-19," pungkas Riza Rahmadi. (BOLE MALO/B-5) 

Berita Terbaru