Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Akibat Corona Gelembung Ikan Tak Bisa Dikirim Keluar Daerah

  • Oleh Fahrul Haidi
  • 15 April 2020 - 15:35 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Imbas penyebaran virus corona, gelembung ikan otek yang selama ini memiliki nilai ekonomis tinggi bahkan menjadi komuditas ekspor, tidak bisa lagi di kirim ke luar daerah.

 Normadi, seorang pengrajin ikan kering di Pelabuhan Perikanan Kuala Pembuang, menuturkan, sejak merebaknya virus corona, banyak gelembung ikan yang sudah dibeli dan dikumpulkan dari nelayan, tertahan.

 “Memang selama ini, pangsa pasar dari gelembung ikan ini cukup menjanjikan, namun semenjak corona, kami tidak bisa melakukan pengiriman, saat ini masih menumpuk di gudang,” ujarnya, Rabu, 15 April 2020.

Menurutnya, sebelum datangnya corona. Pangsa pasar dari gelembung ikan otek sangat terbuka lebar, bahkan sering kali  kekurangan pasokan dari para nelayan.

“Selama ini, harga jual di tingkat pengepul, gelembung ikan jenis otek, mencapai Rp 450 ribu per kilogram. Selain itu, ada juga gelembung jenis ikan lain yang harga jualnya tergantung dari ukuran gelembung ikan,” jelasnya.

Madi menambahkan,  informasi dari para pengepul, gelembung ikan banyak diekspor ke Cina dan menjadi makanan mewah, diolah dalam bentuk sup, karena baik untuk sumber kolagen.

“Dengan kondisi saat ini, kami hanya menunggu mudah-mudahan semuanya cepat berlalu, hingga stok gelembung ikan yang ada, bisa segera dilakukan pengiriman kembali,” harapnya. (FAHRUL/B-5)

 

Berita Terbaru