Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kutai Kartanegara Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Katingan Bakal Beli Beras Petani Asal Katingan Kuala dan Mendawai

  • Oleh Abdul Gofur
  • 16 April 2020 - 17:35 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Pemerintah Kabupaten Katingan berencana bakal membeli beras dari petani di Kecamatan Katingan Kuala dan Mendawai.

Hal ini untuk menopang kebutuhan beras Kabupaten Katingan terutama pada saat pandemi virus Corona ini.

Kabag Humas dan Informasi Setda Kabupaten Katingan, Lusen,Kamis, 16 April 2020 membenarkan jika rencananya Pemerintah Kabupaten Katingan menganggarkan dana pembelian beras dari wlayah yang selama ini sebagai lumbung padi. Seperti Kecamatan Katingan Kuala dan sebagian wilayah Kecamatan Mendawai.

Bahkan, kata Lusen, dalam berbagai kesempatan saat rapat terbatas pencegahan dan penanganan Covid-19, Bupati Katingan Sakariyas beberapa kali menyampaikan perihal terkait rencana pembelian beras dari petani lokal setempat itu.

Menurut Lusen, Pemkab Katingan telah menyiapkan tempat sebagai gudang penumpukan beras yang bakal dibeli dari petani, seperti Gedung Salawah.

Selain untuk memenuhi kebutuhan beras bagi masyarakat Katingan, pembelian beras dari wilayah kecamatan penghasil itu juga membantu pemasaran bagi petani, rencananya beras akan dibeli dengan harga pasar atau bersaing.

Selama ini, wilayah Kecamatan Katingan Kuala merupakan lumbung padi terbesar di Katingan.

Namun sejauh ini gabah dari wilayah yang berbatasan langsung dengan Laut Jawa itu banyak dijual kepada pedagang luar daerah seperti Sampit, Kotim. maupun Banjarmasin, Kalsel.(ABDUL GOFUR/m)

Berita Terbaru