Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pulang Pisau Tegaskan Tak Ada Transmisi Lokal Covid-19

  • Oleh Muhammad Badarudin
  • 22 April 2020 - 06:20 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Jumlah pasien positif Covid-19 di Kabupaten Pulang Pisau sampai saat ini sebanyak empat orang. Empat pasien positif Covid-19 ini merupakan warga dari empat kecamatan. Tiga di antaranya merupakan cluster Gowa dan satu seorang mahasiswi yang berkuliah di Palangka Raya. 


Keempat kecamatan itu yaitu Kecamatan Maliku, Pandih Batu, Kahayan Hilir dan Banama Tingang.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pulang Pisau dr Muliyanto Budihardjo menegaskan, sampai saat ini tidak ada transmisi lokal Covid-19. Sebab, empat pasien positif itu semuanya terpapar di luar Pulang Pisau. 

"Saya tegaskan tak ada transmisi lokal di Pulang Pisau. Empat orang itu tiga di antaranya kemungkinan terpapar di Gowa dan satu orang di Palangka Raya," kata Muliyanto, di Pulang Pisau, Selasa, 21 April 2020. 

Ia mengharapkan masyarakat jangan panik terkait hal ini. Dia juga meminta masyarakat tidak melakukan hal-hal yang kurang berkenan. 

"Jangan sampai ada terdengar keluarga pasien positif ini dikucilkan dan sebagainya. Justru disaat seperti ini sikap peduli dan rasa gotong royong kita harus ditunjukkan," harap dia. 

Muliyanto menjelaskan, physical distancing atau menjaga jarak fisik bukan berarti bersikap antipati terhadap pasien positif Covid-19 dan keluarga. Karena saat seperti ini mereka juga membutuhkan dukungan moril maupun materil. 

"Penguatan mental ini sangat dibutuhkan. Jangan sampai sikap kita membuat psikologis mereka terganggu. Apa yang bisa kita bantu ayo tunjukkan sebagai bukti bahwa kita warga yang suka bergotong royong," tutupnya. (M.BADARUDIN/m)

Berita Terbaru