Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Santri Lamandau Baru Mudik dari Temboro - Magetan Ikuti Rapid Test Hari Ini

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 22 April 2020 - 12:45 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Santri asal Lamandau yang baru mudik dari pondok pesantren di Temboro, Kecamatan Karas, Kabupaten Magetan, Jawa Timur, mengikuti rapid test corona, Rabu 22 April 2020 hari ini. 

Rapid test dipusatkan di Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) area Kantor Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lamandau, Komplek Perkantoran Bukit Hibul. 

"Santri kita (Lamandau) yang baru tiba dari Temboro (Jawa Timur), semuanya kita minta mengikuti rapid test hari ini," kata Bupati Lamandau, Hendra Lesmana.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Lamandau itu menambahkan, rapid tes yang dilakukan merupakan salah satu langkah antisipasi dini dalam mencegah penyebaran Covid-19. Terutama dari warga yang memiliki riwayat perjalanan dari zona merah. 

Terlebih, kata Hendra, Temboro saat ini telah menjadi klaster baru dalam penyebaran Covid-19 di Indonesia bahkan mancanegara, seiring dengan adanya informasi puluhan santri Temboro asal negeri Malaysia terkonfirmasi positif Covid-19.

"Klaster Temboro ini baru dalam penyebaran Covid-19 di Indonesia bahkan mancanegara, sehingga warga yang pulang dari Temboro termasuk warga Lamandau sudah otomatis berstatus sebagai orang dalam pemantauan (ODP) Covid-19," jelasnya. 

Dari pantauan, sujumlah santri telah berdatangan sejak pukul 09.30 WIB untuk mengikuti rapid test. Mereka menjalani rangkaian proses pemeriksaan kesehatan termasuk diambil sampel darah oleh tenaga medis yang mengenakan alat pelindung diri (AlD) lengkap secara bergiliran. 

Sejauh ini tercatat ada 12 orang santri asal Lamandau yang baru tiba dari Jawa Timur itu. Selain dijadwalkan untuk rapid test hari ini, pemkab juga berencana untuk mendaftarkan mereka melakukan pengambilan sampel swab di Pangkalan Bun untuk kemudian diuji di Laboratorium Surabaya. (HENDI NURFALAH/B-11)

Berita Terbaru