Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Transaksi Non Tunai untuk Kecilkan Risiko Penyebaran Covid-19

  • Oleh Testi Priscilla
  • 23 April 2020 - 14:36 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Bank Indoensia Provinsi Kalimantan Tengah, Rihando mengimbau masyarakat untuk lebih mengutamakan transaksi non tunai untuk kecilkan risiko penyebaran Covid-19.

"Kami imbau masyarakat untuk lebih baik lebih memanfaatkan transaksi non tunai daripada transaksi tunai dan tatap muka. Ini untuk memperkecil kemungkinan penyebaran Covid-19," kata Rihando, Kamis, 23 April 2020.

Dengan bertransaksi non tunai, risiko penyebaran Covid-19 dapat diminimalisasi sejalan dengan himbauan pemerintah untuk melakukan social distancing.

"Apalagi Bank Indonesia sudah melakukan penyesuaian tarif Merchant Discount Rate atau MDR untuk transaksi menggunakan Quick Response Code Indonesian Standard atau QRIS," tuturnya.

Penyesuaian atas MDR QRIS menjadi 0% menurutnya berlaku untuk merchant dengan kategori Usaha Mikro atau UMI yang berlaku mulai 1 April 2020 sampai dengan 30 September 2020.

"Dengan pemberlakuan tersebut, pedagang dengan kategori usaha mikro tidak dikenakan biaya transaksi pemrosesan QRIS oleh PJSP Sehingga penyesuaian ini diharapkan akan dapat meningkatkan akseptasi transaksi non tunai," tuturnya. (TESTI PRISCILLA/B-6)

Berita Terbaru