Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Gubernur Kalteng: Ketersediaan Pangan Menghadapi Bulan Puasa Cukup Tersedia

  • Oleh Nopri
  • 23 April 2020 - 19:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran menyampaikan ketersediaan bahan pangan pokok dalam menghadapi Covid-19 menjelang bulan puasa masih cukup tersedia.

"Walaupun sebagian besar komuditas masih mengandalkan pasokan dari luar untuk mencukupi kebutuhan seperti jagung, bawang merah, bawang putih, cabe besar, daging ayam ras, telur ayam ras, gula pasir dan minyak goreng," katanya, Kamis, 23 April 2020.

Sedangkan kebutuhan pokok hasil ternak, seperti telur ayam ras sampai minggu ke 3 bulan april mengalami defisit namun jika tidak ada kendala produksi dikandang dan jika selalu lancar suplai dari luar daerah maka biasanya akan cukup untuk kebutuhan pada bulan berjalan

"Untuk gula pasir ketersediaan bertahan sekitar 2 bulan, namun sudah selama 2 bulan ini harga melonjak naik karena pasokan berkurang baik untuk bulog maupun dipedagang," ujarnya.

Selain itu, pada saat bulan Ramadhan dan Hari Raya stock tidak kekurangan apabila mengikuti perkiraan perhitungan kebutuhan pada saat bulan HBKN hanya harga masih sangat tinggi jauh diatas HET Rp.12.500.

"Untuk saat ini kami sedang mengupayakan untuk melakukan kontak dengan distributor gula di Jakarta agar mau menyediakan suplay gula ke wilayah Kalteng, baik melalui Kemendag maupun Kementan," tutupnya.(NOPRI/B-5)

Berita Terbaru