Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemeriksaan Kapal di Kuala Pembuang Diperketat

  • Oleh Fahrul Haidi
  • 27 April 2020 - 11:45 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Kapal-kapal  pengangkut kebutuhan masyarakat yang baru tiba di Kuala Pembuang dari wilayah pelabuhan terjangkit corona, terus diperketat pemeriksaannya.

Akhmad Akhyannur dari Kantor Kesehatan Pelabuhan kelas III Sampit kordinator wilayah Kuala Pembuang mengatakan, kapal-kapal yang tiba di pelabuhan Kuala Pembuang tidak ada yang berasal dari luar negeri. Namun lantaran kapal yang tiba berasal dari pelabuhan terjangkit, maka standar pemeriksaan sama dengan kapal luar negeri.

“Karena kapal yang tiba di Kuala Pembuang berasal dari pelabuhan terjangkit corona, kita berlakukan standar prosedur pemeriksaan sama seperti kapal yang baru tiba dari luar negeri,” terangnya, Senin, 27 April 2020.

Dalam melakukan pemeriksaan terhadap seluruh awak kapal, Kantor Kesehatan Pelabuhan kelas III Sampit kordinator wilayah Kuala Pembuang, bekerja sama dengan tim gabungan gugus tugas percepatan penanganan covid-19 kabupaten Seruyan.

Kapal yang baru tiba dilakukan pemeriksaan kelengkapan dokumen karantina, setelah itu dilakukan screening, guna melihat faktor resiko apa  di atas kapal, yang bisa menimbulkan suatu penyakit atau resiko dapat menimbulkan kedaruratan kesehatan masyarakat.

“Setelah seluruh awak kapal diperiksa, diberikan kartu kewaspadaan kesehatan, selama mereka berada di wilayah kita, mereka punya kewajiban melaksanakan karantina mandiri selama 14 hari dan dipantau oleh petugas  kesehatan,” imbuhnya.

Hingga saat ini, dari hasil pemeriksaan di setiap kedatangan kapal, seluruh awak  kapal dalam kondisi sehat dan tidak ada  ditemukan gejala-gejala mengarah covid-19. (FAHRUL/B-7)

Berita Terbaru