Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ampah Kota Berpotensi Transmisi Lokal Covid-19 Jika Warganya Tidak Disiplin

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 29 April 2020 - 15:15 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Barito Timur Simon Biring,mengingatkan potensi terjadinya transmisi lokal di Kelurahan Ampah Kota, Kecamatan Dusun Tengah.

Transmisi lokal adalah penularan yang terjadi antarwarga setempat yang yang dimulai dari kasus positif generasi kedua ke generasi ketiga dan seterusnya.

Sementara, ketika ada seseorang yang menjadi carrier setelah datang dari luar daerah dan menularkan pada orang di dekatnya di daerah tujuan, itu berarti generasi pertama menularkan ke generasi kedua.

"Kalau penularan kepada kontak terdekat itu disebut sekunder," jelas Simon Biring, di Kantor Bupati Barito Timur, Rabu 29 April 2020.

Dia menjelaskan, kemungkinan terjadinya penularan dari generasi kedua ke generasi ketiga atau transmisi lokal berpotensi terjadi jika masyarakat di wilayah ini tidak disiplin menjalankan social distancing maupun mengenakan masker.


"Orang-orang yang pernah melakukan kontak dekat dengan pasien positif Covid-19 harus melaporkan diri untuk menjalani rapid test dan melakukan isolasi mandiri,"

Untuk diketahui, hingga hari ini Kelurahan Ampah Kota, Kecamatan Dusun Tengah, memiliki kasus  lima positif Covid-19 dari total tujuh kasus positif Covid-19 di Kabupaten Barito Timur. (BOLE MALO/m) 

Berita Terbaru