Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Indonesia dan Gerakan Nonblok Bentuk Gugus Tugas Covid-19

  • Oleh Teras.id
  • 05 Mei 2020 - 09:20 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Sebanyak 39 negara termasuk Indonesia yang tergabung dalam Gerakan Nonblok (GNB) menyepakati pembentukan Gugus Tugas Bersama Penanggulangan Covid-19.

Pembentukan Gugus Tugas Covid-19 GNB disepakati dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Gerakan Nonblok secara virtual pada Senin malam, 4 Mei 2020.

"Tugas dari gugus tugas ini adalah menyusun database kebutuhan medis dan kemanusiaan negara Gerakan Nonblok untuk selanjutnya disampaikan ke negara dan organisasi donor," kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam konferensi pers seusai pertemuan.

Presiden Joko Widodo juga mengikuti KTT GNB tersebut.

Menurut Retno Marsudi, pembentukan Gugus Tugas Covid-19 GNB menunjukkan bahwa Konferensi GNB tak hanya menghasilkan pernyataan politis saja, namun juga langkah kongkrit.

KTT GNB juga mendeklarasikan keprihatinan atas penyebaran dan dampak Covid-19 di seluruh dunia.


Deklarasi tersebut mengakui yang paling terdampak dari pandemi ini adalah negara yang paling miskin dan rentan.

"Yang mengakibatkan kemunduran pembangunan negara-negara berkembang dan kesulitan pencapaian sustainable development goals," ucap Menteri Retno.

Deklarasi Gerakan Nonblok menegaskan dukungan kepada multilateralisme dan WHO dalam penanganan Covid-19 sekaligus menyambut baik resolusi Majelis Umum PBB Nomor 74/270 tentang "Solidarity to Fight Covid-19" yang salah satu penggagasnya adalah Indonesia.

GNB menekankan pentingnya solidaritas dan kerjasama termasuk dalam memastikan ketersediaan obat dan peralatan medis dan mencegah dampak negatif Covid-19 terhadap ekonomi.

Retno Marsudi mengatakan GNB mengakui pentingnya pertukaran informasi serta implementasi guideline WHO mengenai Covid-19.

Berita Terbaru