Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Lamandau Mulai Salurkan Bantuan Sosial Tunai untuk 3.945 Penerima

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 06 Mei 2020 - 13:35 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Pemerintah Kabupaten Lamandau mulai menyalurkan dana bantuan sosial tunai (BST) untuk 3.945 kepala keluarga (KK) sebagai uang peningkatan kesejahteraan bagi warga yang terdampak pandemi COVID-19.

Pernyaluran BST secara simbolis diserahkan langsung oleh Bupati Lamandau H Hendra Lesmana kepada sejumlah keluarga penerima manfaat (KPM) bertempat di Kantor Pos Nanga Bulik, Rabu 6 Mei 2020.

Hadir sejumlah pihak dalam peresmian program tersebut, dintaranya Ketua DPRD Lamandau M Bashar, Pj Sekda H Masrun, Dandim 1017/Lamandau Hafes Is Jafrin dan lain-lain. 

Hendra menjelaskan, BST merupakan program dari Kemensos RI yang sumber dananya berasal dari APBN. Bantuan tersebut digulirkan untuk membantu menjaga keseimbangan kesejahteraan sosial dan ekonomi masyarakat di tengah pandemi Covid-19 saait ini.

"Masing-masing keluarga penerima manfaat berhak menerima uang tunai sebesar Rp 600 ribu rupiah perbulan selama tiga bulan, terhitung April hingga Juni 2020," katanya.

Ia menjelaskan, untuk di Lamandau program BST disalurkan secara tunai melalui dua tempat penyaluran yang telah ditunjuk pemerintah yakni PT. Pos Indonesia dan perbankan.

Terpisah, Kepala Dinas Sosial (Dinsos) kabupaten Lamandau Hj Endang Rustiningsih menjelaskan, kelaurga penerima manfaat untuk program BST ini adalah masyarakat kurang mampu non penerima Program Keluarga Harapan (PKH) dan non penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) serta terdampak Covid-19. 

"Data penerima manfaat program ini ditentukan oleh Kemensos yang didasarkan pada data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) Kemensos RI serta ditambah dengan data usulan dari pemerintah daerah," tukasnya. (HENDI NURFALAH/B-7)

Berita Terbaru