PBS di Seruyan Diminta Prioritaskan Tenaga Kerja Lokal

  • Oleh Fahrul Haidi
  • 15 Mei 2020 - 10:51 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang – Perusahaan besar swasta atau PBS khususnya yang bergerak dibidang perkebunan kelapa sawit di Kabupaten Seruyan diharapkan lebih memprioritaskan tenaga kerja lokal.

Menurut Anggota DPRD Seruyan Hadinur, di daerahnya saat ini banyak tenaga kerja lokal siap pakai untuk dipekerjakan di perusahaan perkebunan.

“Sudah banyak lulusan sarjana maupun SMK yang mumpuni untuk dipekerjakan di perkebunan,” jelasnya, Jumat, 15 Mei 2020.

Didasari hasil reses DPRD Seruyan Dapil II yang meliputi Kecamatan Danau Sembuluh, Hanau, Seruyan Raya, dan Danau Seluluk.

Hingga sekarang dibeberapa PBS masih menggunakan tenaga kerja dari luar daerah, baik itu tenaga teknis maupun non teknis.

"Banyak tenaga kerja lokal sudah siap untuk dipekerjakan di perusahaan dan kualitas SDM mereka siap bersaing dengan tenaga dari luar daerah," katanya.

Politisi PDIP ini mengatakan keberadaan perusahaan perkebunan di Seruyan sejatinya mampu membuka lapangan pekerjaan baru dan menyerap sebanyak mungkin tenaga kerja lokal.

Hal ini sudah berulang kali ditekankan oleh pemerintah daerah maupun DPRD Seruyan agar perusahaan lebih memprioritaskan tenaga kerja lokal.

"Kami mengharapkan agar PBS bisa menindaklanjuti aspirasi ini, karena keberadaan PBS di sini tentu diharapkan mampu memberikan dampak positif khususnya untuk kesejahteraan masyarakat," tandasnya. (FAHRUL/B-6)

Berita Terbaru