Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemerinah Daerah Diminta Bangun Sinergitas Dengan Media

  • Oleh Nopri
  • 15 Mei 2020 - 18:55 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendorong Pemda agar membuka akses informasi yang luas kepada media dalam pemberitaan, terutama dalam penanganan Covid-19.

Seperti informasi mengenai penyaluran bantuan sosial, realisasi atau refocusing anggaran dan pengadaan barang dan jasa. Hal itu untuk menghindari konflik sosial yang terjadi di masyarakat. Sejumlah rekomendasi diberikan KPK kepada Humas Pemda dan media. 

Berikut isinya.

Pertama, Humas Pemda harus selalu meng-update agenda masing-masing Pemda terkait percepatan penanganan Covid-19, seperti penyaluran Bansos kepada masyarakat maupun agenda lainnya.

Kedua, Humas Pemda harus memanfaatkan website resmi Pemda dalam setiap pemberitaan sebagai bentuk cross check masyarakat terhadap pemberitaan pada media lokal.

Ketiga, penggunaan aplikasi media sosial mainstream, seperti facebook dan twitter dapat dilakukan, namun website resmi Pemda tetap sebagai media utama dalam publikasi kepada masyarakat.

Keempat, media lokal diharapkan peran aktifnya dalam pengawasan penyaluran bantuan melalui publikasi pada media masing-masing sehingga terjalin sinergitas antara Humas Pemda dengan media lokal.

Plt Kepala Biro Protokol dan Komunikasi Publik Setda Kalteng Sutoyo menyampaikan bahwa sinergitas dan kerja sama dengan media selama ini terjalin baik.

"Dalam Gugus Tugas Covid-19 Kalteng ada 2 jalur publikasi. Diskominfosantik serta Biro Protokol dan Komunisasi Publik sebagai media publikasi gugus tugas, termasuk juru bicara, Diskomindosantik dan Humas, untuk mempublikasikan kepada masyarakat melalui media-media di Kalteng," katanya, Jumat, 15 Mei 2020.

Sedangkan kerja sama media untuk pemberitaan saat ini meliputi 5 media cetak, 3 media cetak mingguan dan bulanan, 16 media online, 6 media televisi, 6 media radio dan 2 media yang membawa nama KPK.

Sementara itu, Sekretaris Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kalteng Ika Lelunu sependapat bahwa selama ini tidak ada masalah dalam kerja sama publikasi kegiatan Gugus Tugas Covid-19 Kalteng dengan media, mulai dari siaga darurat sampai dengan tanggap darurat. (NOPRI/B-7)

Berita Terbaru