Perempuan Italia Menang Undian Lukisan Picasso Senilai Rp 14 M

  • Oleh Teras.id
  • 23 Mei 2020 - 11:10 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Seorang perempuan Italia memenangkan lukisan Picasso senilai 1 juta euro (Rp 16 miliar) dalam undian penggalangan dana yang diawasi oleh rumah lelang Christie's di Paris pada hari Rabu.

Inisiatif, "1 Picasso untuk 100 Euro" diselenggarakan oleh badan amal Aider Les Autres (Help Others), dengan izin dari Picasso Administration.

Menurut laporan CNN, 23 Mei 2020, 51.100 lebih orang berpartisipasi dengan membeli tiket masing-masing 100 euro (Rp 1,6 juta), dan Claudia Borgogno muncul sebagai pemenang.

"Saya belum pernah memenangkan apa pun sebelumnya," kata perempuan berusia 58 tahun itu dari rumahnya di Ventimiglia, Italia utara, dikutip dari ABC News. Dia mengatakan dia menyukai Picasso, dan kemungkinan bisa menggantung salah satu lukisan master abad ke-20 di temboknya.

Putranya, Lorenzo Naso, membeli dua tiket pada bulan Desember, mengirimkan satu untuk ibunya.

"Itu mungkin keputusan terbaik dalam hidup saya," katanya.

Tiket diambil dalam undian elektronik di rumah lelang Christie's di Paris.

Lukisan minyak 1921 yang dikenal sebagai "Nature Morte" (Still Life) telah berada di koleksi pribadi di Prancis sebelum undian ini. Lukisan itu ditandatangani oleh Picasso di sudut kiri atas.

Donasi akan digunakan oleh LSM CARE International untuk membangun dan merehabilitasi sumur, fasilitas mencuci, dan toilet di desa-desa dan sekolah-sekolah di Kamerun, Madagaskar, dan Maroko. Proyek ini dimaksudkan untuk bertahan selama lima tahun dan berharap dapat meningkatkan kehidupan 200.000 orang yang tinggal di daerah tersebut.

"Ada begitu banyak orang yang membutuhkan bantuan di seluruh dunia. Kami ingin membuat sesuatu yang berbeda untuk memungkinkan banyak orang untuk mengambil bagian dalam aksi amal," kata Péri Cochin, pembawa acara TV Prancis yang mengemukakan gagasan itu.

Inisiatif ini dimulai pada tahun 2013, ketika gambar Picasso senilai US$ 1 juta (Rp 14,7 miliar) berjuluk "L'Homme au Gibus" (Pria dengan Topi Opera) diundi untuk menyelamatkan kota Fenisia kuno di Lebanon.

Semua hasil dari undian digunakan untuk membiayai dua proyek seni dan budaya di kota Warisan Dunia UNESCO, dengan 50.000 tiket dijual.

Pemenangnya adalah Jeffrey Gonano, manajer proyek berusia 25 tahun di perusahaan kontraktor pemadam kebakaran dari Wexford, Pennsylvania.

Undian lainnya dijadwalkan akan berlangsung tahun depan.

(TERAS.ID)

Berita Terbaru