Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Covid-19: Masalah Keamanan, WHO Hentikan Uji Hydroxychloroquine

  • Oleh Teras.id
  • 26 Mei 2020 - 10:41 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menangguhkan pengujian obat malaria hydroxychloroquine pada pasien Covid-19 karena masalah keamanan.

Hal ini disampaikan Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus dalam pengarahan online yang digelar Senin, 25 Mei 2020.

"Kelompok eksekutif telah menghentikan sementara pengujian hydroxychloroquine dalam uji coba Solidaritas. Sedangkan data keselamatan ditinjau oleh dewan pemantauan keamanan data," ujar Tedros, seperti dikutip laman Reuters, Senin 25 Mei 2020.

Sebelumnya Hydroxycholoroquine telah dipuji oleh Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan yang lainnya sebagai pengobatan yang mungkin menyembuhkan penyakit yang disebabkan oleh virus corona baru itu.

Trump juga sempat mengaku bahwa dia menggunakan obat itu untuk membantu mencegah infeksi. Tedros menerangkan penghentian sementara percobaan itu adalah inisiatif utama untuk mengadakan tes klinis pengobatan potensial untuk virus.

WHO sebelumnya merekomendasikan untuk tidak menggunakan hydroxychloroquine dalam mengobati atau mencegah infeksi virus corona, kecuali sebagai bagian dari uji klinis.

Dr. Mike Ryan, kepala program kedaruratan WHO, mengatakan keputusan untuk menunda uji coba hydroxychloroquine telah diambil, "dengan berbagai kehati-hatian," tuturnya.

Sebuah studi sebelumnya terhadap lebih dari 300 pasien pria di pusat-pusat medis Administrasi Kesehatan Veteran di seluruh negeri juga menemukan tingkat kematian yang lebih tinggi pada mereka yang menggunakan hydroxychloroquine.

Serta badan obat dan makanan Amerika (FDA) pada bulan April memperingatkan agar tidak menggunakan obat itu di luar rumah sakit dan uji klinis, demikian dikutip New York Post. (TERAS.ID)

Berita Terbaru