Bupati Lamandau Lantik 46 Pejabat, 3 di Antaranya Jadi Kadis Definitif

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 29 Mei 2020 - 22:20 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Bupati Lamandau H Hendra Lesmana melantik sekaligus mengambil sumpah kepada 46 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Administrator dan Pengawas di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamandau.

Pelantikan dan pengambilan sumpah janji jabatan puluhan pejabat yang dilaksanakan di Gedung Pertemuan Umum (GPU) Lantang Torang kota Nanga Bulik itu dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan, yakni menggunakan masker dan physical distancing.

"Pelantikan yang baru saja kita saksikan tadi adalah dalam rangka pengisian jabatan Pimpinan Tinggi Pratama dan Mutasi serta promosi jabatan yang sesuai dengan kebutuhan," ungkap Bupati Hendra, Jumat 29 Mei 2020.

Bupati meminta agar para pembantunya itu memaknai reposisi jabatan sebagai konsekuensi logis dari organisasi yang dinamis dan sebagai jawaban terhadap tantangan serta dinamika pembangunan guna mempercepat (akselerasi) pembangunan dan kinerja di lingkungan Pemkab Lamandau.

"Rolling atau mutasi ini merupakan bentuk pembinaan karier kepegawaian dengan dasar penilaian yang objektif, memenuhi kompetensi, kualifikasi, kepangkatan, pendidikan dan pelatihan, rekam jejak jabatan dan integritas pejabat tersebut," ujarnya.

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan ini, kata Bupati Hendra lagi, merupakan gelombang pertama karena adanya protokol kesehatan yang harus diterapkan.

"Kemungkinan bulan depan akan ada gelombang kedua karena kita batasi jumlah orang dalam satu kegiatan dan harus menerapkan physical distancing," katanya lagi. 

Selain memang ada pejabat yang dipercaya menduduki jabatan baru, dari 46 orang pejabat yang dilantik tersebut, ada yang dikukuhkan untuk menduduki jabatanya karena adanya perubahan struktur organisasi dan tata kerja di kantor Sekretariat Daerah dan Inspektorat.

Adapun beberapa pejabat Pimpinan Tinggi Pratama yang dilantik menjadi kepala Dinas (Kadis) definitif yang semula diisi pelaksana tugas (Ptl), diantaranya adalah H Abdul Kohar yang sebelumnya menjabat sebagai camat Bulik, dilantik menjadi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Lamandau. Kemudian, Rosmawati dilantik sebagai Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) serta Kamini Anthus dilantik sebagai Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM).

"Kita harapkan rolingatau mutasi ini dapat berimplikasi positif pada peningkatan kinerja di satuan unit kerja masing-masing," harap Hendra. (HENDI NURFALAH/B-5)

Berita Terbaru