Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Nias Selatan Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

178 Orang Jemaah Calon Haji Kotim Ditunda Keberangkatannya Hingga Tahun Depan

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 03 Juni 2020 - 18:55 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Sebanyak 178 orang jemaah calon haji di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) yang rencana akan berangkat pada tahun ini, resmi ditunda. Ini setelah pemerintah Arab Saudi memutuskan meniadakan haji 2020. 

"Rencana 178 JCH Kotim tersebut akan berangkat pada tahun ini, namun karena ada keputusan langsung dari pemerintah Arab Saudi, maka ditunda," ujar Kepala Kementrian Agama (Kemenag) Kotim Samsudin, Rabu, 03 Juni 2020. 

Ia menerangkan, 178 JCH tersebut memang benar-benar siap berangkat. Mereka sudah melunasi sisa storan awal pembayaran berangkat haji. Bahkan suntik maningitis juga dilakukan. 

Namun penundaan ini bukan berdasarkan kehendak pemerintah di Indonesia. Tetapi kepitusan dari pemerintah Arab Saudi. Yang tidak ingin JCH malah terancam kesehatannya. Karena hampir semua negara sedang pandemi Covid-19. 

"Ada 20 negara yang disurvei oleh pemerintah Arab Saudi, termasuk Indonesia. Dan dari hasil itu, mereka memutuskan menunda keberangkatan," terang Samsudin. 

Informasi tersebut juga sudah disampaikan kepada JCH di Kotim. Melalui online dan juga handphone. Namun nantinya mereka juga akan membuat surat terkait hal tersebut, agar bisa dipahami JCH. (MUHAMMAD HAMIM/m)

Berita Terbaru