Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Unhas Kerahkan Mahasiswa untuk Lacak Kontak Pasien Covid-19

  • Oleh Teras.id
  • 07 Juni 2020 - 10:11 WIB

TEMPO.CO, Makassar - Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin (FKM Unhas) segera mengerahkan mahasiswa dari tingkatan strata 1 hingga strata 3 (S1-S3) untuk ikut melakukan pelacakan kontak terkait Covid-19 di 24 kabupaten/kota se-Sulawesi Selatan.

Dekan FKM Universitas Hasanuddin, Aminuddin Syam, yang dihubungi di Makassar, Sabtu, 6 Juni 2020, mengatakan pihaknya akan melibatkan mahasiswa dari tingkat S1 hingga S3 sebagai institusi yang telah diberi mandat oleh Gubernur Sulawesi Selatan untuk terlibat menanggulangi penyebaran Covid-19 di seluruh kabupaten/kota.

Rencana strategi tersebut sebagai salah satu upaya untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona Covid-19 dengan kolaborasi Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan bersama FKM Universitas Hasanuddin.

"Kami ada mahasiswa S1, S2 dan S3, yang mau terlibat kita libatkan untuk melakukan pelacakan pada 24 kabupaten/kota di Sulawesi Selatan. Bersinergi antara FKM bersama Dinas Kesehatan," katanya.

Dia mengemukakan peran mahasiswa ini akan berbeda dengan relawan pada umumnya yang identik pada aspek kemanusiaan. Sebab mahasiswa ini akan dipersiapkan secara khusus dengan pelatihan khusus untuk melakukan pelacakan dengan tim ahli.

"Kita ada 24 kabupaten/kota, episentrum ada di Makassar jadi fokusnya di Makassar. Ada juga Persakmi (Persatuan Sarjana Kesehatan Masyarakat Indonesia), kita akan minta yang ahli untuk ikut membantu," ujarnya.

Terkait dengan jangka waktu yang digunakan pada pelacakan kontak kasus corona mulai dari PDP, ODP maupun positif Covid-19, Aminuddin Syam menyampaikan akan tergantung dari jumlah kasus yang ada, sebab ada pola khusus yang digunakan sebelum menentukan perkiraan dan prediksi untuk mengeksplore lebih jauh.

Sehingga langkah awal yang dilakukan pihak FKM Unhas setelah kedatangan Gubernur Sulawesi Selatan Prof Nurdin Abdullah yang meminta bantuan penanganan Covid-19 secara komprehensif, yakni mengumpulkan seluruh data pasien hingga peserta Duta Wisata Covid-19 terlebih dulu.

"Hari ini, saya sedang berada di posko Duta Covid-19, kumpulkan data dan akan melihat di mana celahnya karena besok akan dipaparkan di depan pihak Kementerian Kesehatan oleh Ahli Epidemiologi FKM Unhas, Prof Ridwan," ungkapnya.

"Ini amanat, persoalan jiwa seseorang dan saya harus turun langsung dengan pasukan saya dan kita sudah bekerja. Kita akan memilah dan memilih intervensi apa yang akan kita lakukan," sambungnya.

Berita Terbaru