Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kelurahan Sabaru Salurkan BLT Untuk 590 KPM

  • Oleh Hendri
  • 08 Juni 2020 - 13:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kelurahan Sabaru menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) tahap pertama kepada 590 Keluarga Penerima Manfaat atau KPM di lingkungan setempat, Senin 8 Juni 2020.

Penerima BLT di Kantor Kelurahan tersebut didominasi warga lanjut usia. Warga juga patuh dengan protokol kesehatan dengan mengenakan masker dan mengantri terlebih dahulu di tenda yang disiapkan dengan jarak satu meter.

Sebelum masuk ke ruangan untuk registrasi, penerima bantuan harus cek suhu tubuhnya dengan menggunakan thermal gun dan juga memasuki bilik disinfektan.

Lurah Sabaru, Dina Megawati menuturkan 590 KPM tersebut telah menerima BLT secara keseluruhan. Pembagian BLT tahap pertama tersebut dijalankan dalam dua sesi.

Sesi pertama 31 Mei 2020 telah dibagikan kepada 513 warganya di BPK. Kemudian sesi kedua, 77 warga yang belum mengambil bantuannya, mengambil di kantor kelurahan.

"Dari 675 usulan yang kita ajukan ke Dinas Sosial Provinsi Kalteng, dan setelah dilakukan verifikasi dan validasi data untuk memilah yang double, mereka yang terima BST, PKH, atau BNPT, maka didapatkan 590 KK yang menjadi KPM," terangnya.

Dina menambahkan selama pembagian BLT, sejumlah kendala yang ditemui antara lain karena Kelurahan Sabaru saat ini memiliki banyak kawasan perumahan baru, maka banyak warga baru yang belum mengubah domisili pada KTP dan KK. Sehingga saat pendataan dari pihak RT, mereka belum masuk dalam data Kelurahan Sabaru dan pihak kelurahan pun harus kembali mendata apakah mereka terdaftar sebagai KPM di kelurahan lama atau tidak.

"Untuk pendataan BLT tahap selanjutnya, maka kami akan meminta surat keterangan pindah dari masyarakat baru untuk menghindari data ganda. Sejauh ini pembagian lancar, dan menurut pantauan kami sudah tepat sasaran," pungkasnya. (HENDRI/m)

--
 

Berita Terbaru