Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sumba Barat Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Masyarakat Desa Harus Siapkan Diri Dalam Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan

  • Oleh Naco
  • 08 Juni 2020 - 19:20 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Ketua Komisi I DPRD Kotawaringin Timur, Agus Seruyantara mendorong agar masyarakat desa mempersiapkan diri untuk langsung melibatkan diri dalam pencegahan kebakaran hutan dan lahan.

Selain itu ia juga meminta pemerintah harus mempersiapkan armada dan peralatan yang akan dipergunakan untuk aksi pencegahan nantinya di lapangan.

“Kami melihat, saat ini memauski tanda -tanda musim kemarau maka dari itu kita juga minta agar pihak pemerintahan desa harus membentuk tim penanggulangan dan pencegahan setidaknya untuk mengamankan lingkupan lahan di wilayah desa masing-masing dengan melibatkan masyarakat," kata Agus, Senin, 8 Juni 2020.

Meski begitu, Agus mengakui masih ada kelemahan di bidang anggaran khususnya dana desa. Sebab, dana desa belum ditegaskan apakah diizinkan pemanfaatannya untuk aksi pencegahan dan penanggulangan tersebut atau tidak. 

"Seandainya diizinkan maka hal tersebut membuat penanganan karhutla akan lebih komprehensif," tegasnya.

Agus menambahkan, dana desa  memang seharusnya tidak hanya  digunakan untuk memadamkan api. Tetapi juga dapat dialokasikan dalam upaya pencegahan kebakaran.

Penanganan kebakaran kata dia tidak harus memadamkannya, tetapi harus punya kerja sama dalam model desa mandiri peduli api, supaya masyarakat diberikan ruang pekerjaan. Untuk menjalankan program tersebut, lanjutnya, desa terdampak juga diimbau untuk menggandeng swasta. (NACO/m)

Berita Terbaru