Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Polres Kotawaringin Timur Seleksi Desa Unggulan untuk Program 'Pantang Mundur'

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 08 Juni 2020 - 22:20 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Polres Kotawaringin Timur akan menyiapkan desa unggulan terkait program Desa Pantang Mundur yang dilaksanakan Polda Kalimantan Tengah. Desa unggulan itu harus memiliki 3 aspek yang masuk dalam kriteria penilaian

"Desa itu harus memiliki 3 kriteria. Mulai dari ketahanan pangan, penanggulangan kebakaran hutan dan lahan, serta ketangguhan dalam memutus mata rantai penyebaran covid-19," kata Kapolres Kotawaringin Timur, AKBP Abdoel Harris Jakin didampingi Kabag Ops, AKP Ahmad Budi Martono, Senin, 8 Juni 2020.

Harris Jakin menjelaskan program Desa Pantang Mundur itu juga dilombakan Polda Kalteng dalam rangka HUT ke 74 Bhayangkara tahun 2020.

Terkait itu, Polres Kotawaringin Timur sudah mulai mendata beberapa desa yang dinilai layak mengikuti lomba tersebut. Tetapi dengan catatan harus memenuhi 3 kriteria tersebut.

Harris menjelaskan, program Desa Pantang Mundur tersebut merupakan upaya Polda Kalteng untuk menjadikan sebuah daerah sebagai percontohan.

"Maksudnya sebuah desa yang ideal terkait kondisi terkini, di tengah pandemi covid-19 serta ancaman karhutla. Karena efeknya memang dirasakan banyak sektor. Makanya di situ ada kriteria ketahanan pangan, penanggulangan karhutla, perlawanan terhadap covid-19 nya," kata dia.

Untuk memaksimalkan upaya pencarian desa yang masuk kriteria tersebut, Polres Kotawaringin Timur akan melibatkan sejumlah instansi untuk penilaian. Mulai dari Dinas Pertanian, Dinas Kesehatan, Dinas Ketahanan Pangan, BPBD, Manggala Agni, serta Dewan Adat Dayak.

"Saya juga mengajak pemerintah desa di Kotawaringin Timur untuk ikut serta nantinya dengan menyiapkan kriteria yang disyaratkan ini," imbuh Harris.

Peran bhabinkamtibmas di setiap desa pun digerakkan melalui sosialiasi guna memaksimalkan program ini. Seperti mengajak pemerintah desa bersinergi mencegah terjadinya karhutla hingga penanganan covid-19.

Sementara itu, batas seleksi yang akan dilakukan Polres Kotawaringin hingga pertengahan Juni 2020 ini. Setelah itu, desa unggulan tersebut akan diikutsertakan dalam penilaian tingkat Polda Kalimantan Tengah.

"Harapan kita pastinya ada desa yang bisa meraih hasil terbaik atau nilai tertinggi nanti. Karena secara tidak langsung ini juga sekaligus menunjukkan kesiapan Kotawaringin Timur sesuai kriteria yang dimaksud," pungkas Harris. (MUHAMMAD HAMIM/B-11)

Berita Terbaru