Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kelompok Wanita Tani Nikmati Bantuan Benih Sayur dari Dinas Pertanian Barito Timur

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 10 Juni 2020 - 08:41 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Kelompok Wanita Tani Mua Munge, Desa Didi Kecamatan Dusun Timur menikmati hasil dari benih sayuran bantuan dari Dinas Pertanian Kabupaten Barito Timur melalui kegiatan Pekarangan Pangan Lestari atau P2L.

Ini terlihat dari hasil panen sayur bayam dan kangkung dari lahan percontohan atau demplot yang dikelola kelompok wanita tani.

Koodinator Balai Penyuluhan Pertanian atau BPP Kecamatan Dusun Timur, Erai Sairi menjelaskan dengan benih sayuran bantuan dari pemerintah, ibu-ibu yang tergabung dalam kelompok dapat memanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan gizi keluarga.

"Sayur ini juga lebih sehat dan bebas pestisida," ungkapnya, Rabu 10 Juni 2020.

Budidaya tanaman sayur juga dapat dikembangkan sebagai peluang usaha untuk dijual mengingat sebagian besar pasokan sayur di Kecamatan Dusun Timur atau Kota Tamiang Layang masih berasal dari kabupaten tetangga.

Erai berharap pemerintah terus menyalurkan benih sayuran kepada masyarakat terutama kaum perempuan agar mereka dapat memanfaatkan pekarangan mereka untuk mendukung ketahanan pangan keluarga.

"Kondisi seperti sekarang ini, pemanfaatan lahan pekarangan sangat dirasakan manfaatnya, ini dapat menjaga kebutuhan dan ketahanan pangan karena tinggal petik sayur-sayuran dari pekarangan sendiri," katanya.

"Distribusi benih dari pemerintah sangat besar dampaknya, terutama saat pandemi Covid-19 dan aktivitas masyarakat masih dibatasi sehingga dapat melakukan kegiatan produktif di sekitar rumah," jelasnya. (BOLE MALO/B-6)

Berita Terbaru