Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Mobil Listrik dengan Baterai Swap Diperkirakan Tumbuh Pesat

  • Oleh Teras.id
  • 10 Juni 2020 - 10:31 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - BJEV, pembuat mobil listrik terbesar di Cina, mengatakan pada hari Jumat, 5 Juni 2020, bahwa armada kendaraannya dengan baterai yang dapat ditukar (swap) akan tumbuh menjadi sekitar 30.000 pada akhir 2020.

Menurut laporan chinadaily.com.cn, 8 Juni 2020, pabrikan ini juga berencana membangun 100 stasiun swap baterai pada paruh kedua tahun 2020, di kota-kota termasuk Beijing dan Xiamen di provinsi Fujian, sehingga total menjadi 300.

Pengumuman membangun stasiun pertukaran baterai muncul setelah dimasukkan dalam Laporan Pekerjaan Pemerintah Cina pada bulan Mei. Itu adalah tanda persetujuan negara terhadap teknologi yang diyakini banyak orang sebagai jawaban atas keraguan masyarakat terhadap kendaraan listrik.

Juru Bicara BJEV, Lian Qingfeng, mengatakan pengisian yang tidak nyaman telah menggantikan kecemasan jarak tempuh sebagai faktor terbesar yang menghalangi calon pembeli mobil listrik.

Dia mengatakan pengisian ulang baterai di garasi pribadi adalah cara terbaik untuk mobil listrik, tetapi kurang dari setengah pemilik mobil listrik di Cina memiliki garasi pribadi atau bahkan tempat parkir tetap.

Teknologi pertukaran baterai menyelesaikan masalah ini. Di stasiun swap baterai BJEV, kendaraan dapat mengganti baterai kosong dengan yang terisi penuh dalam waktu 90 detik.

Teknologi ini memecahkan masalah lain juga: depresiasi. Mobil listrik lebih mahal daripada yang bensin karena baterai, yang biasanya mencapai sekitar 40 persen dari biaya kendaraan.

Selain itu, ketika para ilmuwan mengembangkan baterai dengan rentang yang lebih panjang, mobil listrik bekas menjadi lebih sulit untuk mendapatkan harga yang layak dibandingkan dengan bensin.

Lian mengatakan perusahaan sedang mempertimbangkan untuk menjual kendaraan tanpa baterai, yang dapat mereka peroleh di stasiun pertukaran baterai.

Dengan cara ini, orang dapat membayar lebih sedikit untuk membeli mobil listrik dan tidak khawatir tentang penyusutan baterai yang sudah tua.

Berita Terbaru