Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pasca Rapid Test Massal, Pelayanan Puskesmas Bentot Tetap Normal

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 18 Juni 2020 - 06:10 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Pasca rapid test massal massal terhadap 72 orang tenaga kesehatan di lingkungan UPTD Puskesmas Bentot dan petugas posko perbatasan dengan hasil satu orang dinyatakan reaktif, Selasa 16 Juni 2020, pelayanan di Puskesmas tersebut tetap berlangsung normal.

"Pelayanan tetap berjalan normal dengan protokol kesehatan yang diperketat. Mudah-mudahan teman kami yang rapid testnya reaktif bukan karena Covid-19" jelas Kepala UPTD Puskesmas Bentot, Belwanto. Kamis, 17 Juni 2020.

Dia menjelaskan, pihaknya tidak melakukan penutupan sementara atau penyemprotan disinfektan secara khusus di Puskesmas itu karena hal itu sudah dilakukan rutin setiap hari.

"Setiap hari kami lakukan penyemprotan disinfektan dua kali, sebelum dan sesudah jam pelayanan," ungkapnya.

Belwanto hanya berpesan agar setiap masyarakat yang berkunjung ke Puskesmas Bentot selalu menggunakan masker serta mencuci tangan terlebih dulu sebelum dilayani.

Demikian halnya juga dalam aktivitas sehari-hari, diharapkan mematuhi protokol kesehatan untuk menghindari penularan Covid-19.

Sebelumnya, Koordinator Bidang Pencegahan Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Barito Timur, Simon Biring mengungkap hasil rapid test satu orang pegawai Puskesmas Bentot reaktif.

Namun karena yang bersangkutan merupakan warga Tanjung Kabupaten Tabalong atau berdomisili di sana, maka Gugus Tugas Covid-19 merujuknya ke Tanjung untuk menjalani isolasi maupun penanganan lebih lanjut.

"Ada aturan sekarang, dimana dia tinggal dikembalikan ke situ, jadi nanti Gugus Tugas di Tabalong yang tangani," jelas Simon.

Lanjutnya, dengan diserahkan ke Tabalong, maka Gugus Tugas Covid-19 di sana sekaligus dapat melakukan tracing kepada keluarga tenaga kesehatan tersebut. (BOLE MALO/m) 


 

Berita Terbaru