Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemerintah Siapkan Rp 6 Triliun untuk Realisasikan Food Estate di Kalteng

  • Oleh Nopri
  • 27 Juni 2020 - 21:31 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI Airlangga Hartanto mengatakan pemerintah akan menyediakan anggaran sekitar Rp 6 triliun lebih untuk mendukung program food estate di Kalteng.

"Rencananya anggaran itu disediakan untuk 3-4 tahun ke depan," katanya saat meninjau lokasi pertanian di Pulang Pisau, Sabtu, 27 Juni 2020.

Dia menuturkan untuk tahap awal pemerintah pusat akan membangun dan memperbaiki irigasi di lahan pertanian di Kabupaten Pulang Pisau dan Kapuas sekaligus akan menyediakan sarana dan prasarananya.

"Nanti kita kembangkan yang rencananya lahan seluas 140 ribu, kemudian 30 ribu hektare, dan sisanya 130 ribu hektare. Selain itu dikawasan 600 ribu hektare yang kawasan gambutnya diperbaiki dan direstorasi. Itu yang akan dikembangkan sebagai food estate," jelasnya.

Sementara itu pemeritah pusat bersama Pemprov Kalteng dan Kabupaten Kapuas serta Pulang Pisau telah melaksanakan rapat berkali-kali terkait rencana pelaksanaan program ketahanan pangan tersebut.

"Kami ke sini hari ini karena ingin merekomendasikan kepada presiden untuk datang ke sini. Hingga nantinya presiden mencanangkan lumbung beras nasional," tutupnya. (NOPRI/B-6)

Berita Terbaru