Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tiap Desa Harus Dipersiapkan Satgas Karhutla

  • Oleh Naco
  • 28 Juni 2020 - 16:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Anggota Komisi II DPRD Kotawaringin Timur, Syahbana meminta agar di tiap desa segera dipersiapkan satgas kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Syahbana menekankan agar pemerintah kabupaten turut membantu pemerintah desa dan masyarakat mempersiapkan satgas itu di setiap desa.

Ia mengingatkan jangan sampai    ketidaksigapan pemerintah dalam menjalin kebersamaan dengan masyarakat untuk memadamkan api. 

Mengingat jauh hari sebelumnya, DPRD sudah menekankan agar Pemkab Kotim menginstruksikan pemerintah desa memiliki satgas karhutla. Satgas ini dibantu peralatannya dari pemerintah.  

“Sampai saat ini saya lihat satgas itu belum ada, bahkan pemerintahan desa juga mengaku kesulitan karena sistem dan mekanisme penganggaran untuk perlengkapan hingga logistik para petugas tidak dianggarkan melalui dana desa,” tegas dia.

Dengan dana desa seyogyanya bisa membiayai pembentukan satgas karhutla di tingkat desa. Selain itu juga bisa digunakan untuk membeli peralatan pemadam kebakaran. Hal itu tidak akan menyalahi aturan dan tidak bisa dikatakan penyalahgunaan anggaran. 

”Yang penting itu jangan fiktif. Semuanya riil, ada laporannya, ada barangnya,” tegasnya.

Justru pemdes salah jika areal desa dibiarkan terbakar sementara dana desa tidak digunakan  dan setiap tahun hanya jadi silpa. (NACO/B-5)

Berita Terbaru