Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Teluk Wondama Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Optimalisasi Penggunaan Keuangan Desa

  • Oleh Naco
  • 30 Juni 2020 - 11:25 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Ketua DPRD Kotawaringin Timur, Rinie A Gagah mendukung agar para kepala desa melakukan optimalisasi penggunaan keuangan desa untuk kepentingan dan  kemajuan di desa itu sendiri. 

Terpenting pula juga kata Rinie adalah dana miliaran rupiah itu bisa digunakan  untuk membangun ekonomi, infrastruktur sampai pada pemberdayaan. 

“Untuk pembangunan di lingkungan desa masing-masing sudah ada di tangan pemerintah desa. Maju mundurnya suatu desa sekarang tergantung bagaimana pemerintah desa mengelola dan mengoptimalisasi keuangan desa yang sudah dikucurkan pemerintah,” kata Rinie, Selasa, 30 Juni 2020.

Rinie beberapa hari terakhir melakukan kunjungan ke sejumlah wilayah desa hingga ke pelosok. Agenda itu sekaligus untuk menghadiri pelantikan kepala desa serentak. 

Ia menghendaki agar kepala desa harus bisa memanfaatkan momentum UU Desa untuk  kemajuan sebuah desa. Dengan begitu akan ada sinergitas untuk  memaksimalkan pembangunan  antara dana desa dengan APBD Kotim. 

Berbicara perihal  fasilitas dasar, terpenting adalah hal-hal penunjang seperti sarana dan prasarana kesehatan, pengelolaan air, pengembangan masyarakat.

Dengan demikian lanjutnya dana desa bisa digunakan dan dimanfaatkan secara menyeluruh oleh masyarakat desa.

Ia juga menekankan agar kepala desa tidak menggunakan anggaran tersebut untuk kepentingan pribadi atau diluar ketentuan berlaku. 

Pemerintah sudah memberikan arahan penggunaan maupun pengelolaan Dana Desa termasuk pula dalam pertanggungjawabannya. (NACO/B-5)

Berita Terbaru